Rabu, 24 September 2014

IKS (Ilmu Kesejahteraan Sosial)

       Ilmu Kesejahteraan Sosial merupakan pengetahuan sistematis yang membahas tentang isu kesejahteraan dan kehidupan masyarakat sosial sekitar. Definisi dari Kesejahteraan Sosial sendiri adalah ilmu terapan yang mengembangkan serta metodologi yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
       Jika Ilmu Kedokteran menerapkan diagnosis dan penyembuhan, tapi dalam Ilmu Kesejahteraan Sosial dalam kaitannya dengan kehidupan sosial memiliki 3 ruang lingkup, yaitu mikro, makro, dan mezzo. Level mikro adalah membahas kehidupan sosial secara tingkat individu, keluarga, dan kelompok kecil. Level makro adalah membahas intervensi sosial di tingkat masyarakat lebih luas. Dan level Mezzo adalah membahas inventasi sosial ditingkat masyarakat yang lebih luas.

       Filantropi sosial terkait erat dengar upaya" kesejahteraan sosial yang dilakukan para agamawan dan relawan, yakni upaya yang bersifat amal (charity) dimana orang" menyumbangkan waktu, uang dan tenaganya untuk membantu orang lain. Pelaku Filantropi biasa disebut Filantropis.
       Berbeda dengan pendekatan Filantropi, pekerjaan sosial merupakan pendekatan yang terorganisir untuk mempromosikan kesejahteraan sosial dengan menggunakan tenaga profesional yang memnuhi syarat untuk menangani masalah sosial.
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar